Daisypath Anniversary Years PicDaisypath Anniversary Years Ticker Lilypie Kids birthday PicLilypie Kids birthday Ticker RIVAN'S FAMILY: Launching Dual Degree in Applied Finance (UI-Adelaide)

Monday, May 05, 2008

Launching Dual Degree in Applied Finance (UI-Adelaide)


Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEUI Jalin Kerjasama Dual Degree di bidang Keuangan dengan the University of Adelaide.

Financial Club, 16 April 2008


Jakarta - Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEUI (PPIM) jalin sinergi dual program (dual-degree) di bidang keuangan dengan School of Business – the University of Adelaide. Program master yang dimulai pada Agustus 2008 ini “Membuka peluang bagi peserta untuk memperoleh 2 (dua) gelar master, masing-masing dari Universitas Indonesia dan University of Adelaide” ujar Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D., Dekan FEUI.

Sebagai penyelenggara program pascasarjana yang sering dijadikan benchmark bagi program pascasarjana manajemen di Indonesia, PPIM memfokuskan diri pada pembenahan kurikulum dan proses pengajaran serta peningkatan kualitas pendukungnya.

“Fakultas Ekonomi UI dan khususnya PPIM telah memiliki pondasi yang kokoh untuk bersaing di tingkat internasional. Hal ini telah tercermin dari status akreditasi ”A” (sangat baik) yang diperoleh PPIM untuk Program Master (2006) dan Doktor (2007). FEUI pun telah menjadi bagian dari badan akreditasi internasional, AACSB” jelas Bambang.

Memasuki era global, persaingan akan semakin ketat, khususnya di bidang keuangan sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan ahli di bidang keuangan. Sangat mungkin akan terjadi kelangkaan pasokan tenaga bagi industri keuangan dan pasar modal di Indonesia, yang sekarang pun—suka tidak suka—telah dan akan terus diisi oleh tenaga ahli dari luar negeri.

“Mengantisipasi tantangan tersebut, PPIM akan mengembangkan diri untuk menjadi program terkemuka di Asia Tenggara melalui misi 3-D. Pertama, membangun institusi pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkelas dunia (to develop), Kedua, mempelopori pengembangan bidang ilmu manajemen (to discover) dan menyebarkan hasil karya seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat (to disemínate)” lanjut Ruslan Prijadi Ph.D., Direktur PPIM.

Menurut Ruslan, University of Adelaide dipilih menjadi mitra Universitas Indonesia karena merupakan anggota kelompok universitas terkemuka di Australia (Group of Eight, Go8). Mahasiswa akan mendapat gelar Master of Commerce (Applied Finance), suatu gelar bergengsi di bidang keuangan. Apalagi program MCom.(App.Fin.) di University of Adelaide merupakan program yang telah mendapat pengakuan sebagai mitra dari lembaga sertifikasi profesi analis keuangan di dunia (Chartered Financial Analysts, CFA), karena 70 persen materi yang diujikan dalam test CFA dibahas dalam perkuliahan (masa kuliah dapat dipakai sebagai masa persiapan bagi mahasiswa yang ingin mengambil gelar CFA).

”Tidak diragukan, mahasiswa yang mengikuti program ini berpeluang untuk untuk memiliki kompetensi yang tajam di bidang keuangan dari universitas kelas dunia” lanjut Ruslan.

Mahasiswa yang mengikuti program ini, lanjut Ruslan, akan bermukim di University of Adelaide selama 1 (satu) tahun untuk memperoleh pengalaman langsung menjalani kehidupan kampus, berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara dan menjadi bagian dari universitas berkelas dunia, sembari menjalani kehidupan bermasyarakat di negara maju dan menikmati gaya hidup serta keindahan budaya dan alam Australia.

Berbekal pemahaman bidang keuangan yang tajam dan pengalaman langsung hidup di Adelaide—kota pendidikan bernuansa internasional—akan memudahkan lulusan Program Dual-Degree dari FEUI untuk memasuki pasar kerja di bidang keuangan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home